Langsung ke konten utama

DANA ZAKAT HANYA UNTUK MUSLIM?



 

 


Beredar kabar tentang surat seorang pejabat daerah berkaitan dengan bantuan yg diberikan syarat :

 penerima beragama Islam .


 Sontak warganet geger .

 Sebagian ada yg merutuk si pejabat karena dinilai diskriminatif dan melakukan kebijakan berbau SARA.

 Lantas seperti apa sih sebenarnya duduk perkaranya?

 Sebagaimana dilansir beberapa kanal berita disebutkan bahwa dana yang jadi biang ramai itu adalah dana zakat yang peruntukannya memang secara default hanya boleh diberikan kepada muslim. Hal ini diperkuat dengan penjelasan oleh Majelis Ulama Indonesia di bawah ini :


"Zakat itu adalah jenis ibadah yang merupakan rukun Islam, yang ketentuannya diatur secara khusus sesuai syariat Islam," kata Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Sholeh saat dimintai penjelasan oleh detikcom, Minggu (12/4/2020).



...Menurut Jumhur Fuqaha (ulama ahli hukum Islam), harta zakat diwajibkan untuk orang muslim yang memenuhi syarat wajib dan disalurkan untuk delapan golongan umat Islam," kata Asrorun.

Berdasarkan keterangan di atas tentu tidaklah aneh bila memang dalam syarat penerima bantuan disebutkan secara spesifik untuk muslim.
Karena berdasar syariat islam yang dipedomani oleh lembaga pengumpul zakat resmi di indonesia yakni BAZNAS, syarat tersebut sudah sesuai dan bukan wilayah yg patut diperdebatkan.
Berbeda hal nya bila yang dijadikan dana bantuan berasal dari sedekah yang pengaturannya tidak seketat Zakat.

 Semoga upaya penanganan COVID-19 di Indonesia yang menjadi asal muasal turunnya dana bantuan di atas dapat berjalan dengan baik . Tidak terkendala oleh macam-macam urusan yang tidak selayaknya dijadikan ajang beradu urat dan otot.
 Serta para pemangku kebijakan dapat lebih bersikap arif menyikapi aneka problematika di masyarakat. Tidak mudah terhanyut dalam ramai perbincangan jagat maya yang tidak membangun. 

Wallahu A'lam Bisshowab

_____________
Bapak'e Hanif 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Recharge..

Recharge energy....great!! #kopitubruksudutjakarta

Amalan di hari Jumat

 Hadits riwayat Abu Hurairah radhiAllahu 'anhu terkait amalan sunnah di hari Jumat #posterkutipanhadits